Kamis, 29 Desember 2011

Di Manakah Armadillo Raksasa Ditemukan?


Tulisan 15 Bahasa Inggris Bisnis 1#

Armadillo raksasa merupakan versi superbesar dari armadillo biasa. Binatang liar ini ditemukan di kawasan hutan asli di Amerika Selatan. Karena bianatang ini hidup soliter dan munculnya pada malam hari (nokturnal), keberadaannya jarang diketahui.

Dengan besar tubuh dua kali armadillo biasa, armadillo raksasa (“Priodontes maximus”) menghabiskan waktunya di liang-liang bawah tanah. Mereka memakan serangga, ular, kalajengking, cacing, dan kadang-kadang tumbuhan. Toh, makanan favoritnya adalah rayap. Seekor armadillo raksasa bisa melahap semua populasi rayap dalam sebuah gundukan.

Berat rata-rata seekor armadillo raksasa sekitar 27 kg dan panjangnya sekitar 1 meter (sepertiganya adalah buntutnya). Tubuh armadillo raksasa diselimuti kulit keras, kuku kaki depannya yang panjang digunakan untuk menggali lubang dan menarik makanan.

Sejumlah ilmuwan melakukan ekspedisi yang memakan waktu sekitar 10 minggu untuk melihat keberadaan jewan raksasa yang pemalu ini di Pantanal, kawasan lahan basah di perbatasan Bolivia, Brasil, dan Paraguay. Dengan menggunakan jebakan berkamera otomatis, para ilmuwan mampu mengambil gambar sejumlah armadillo raksasa. Hal ini diharapkan bisa membantu para peneliti untuk lebih memahami perilaku hewan ini dan menaksir populasinya.

Sumber : Kompas, 20 Nov’2011


Tidak ada komentar:

Posting Komentar