Kamis, 29 Desember 2011

Apakah Gelombang Ikut Membentuk Arizona?


Tulisan 7 Bahasa Inggris Bisnis 1#

Letak Arizona jauh dari lautan. Meski demikian, terjangan gelombang telah ikut membentuk daratan Arizona. Hanya saja, gelombangnya bukanlah gelombang laut, melainkan gelombang angin. Bentukan batu karang sepanjang perbatasan Arizona-Utah, yang dikenal dengan julukan “The Wave” (gelombang), merupakan pemandangan indah yang memperlihatkan bagaimana erosi angin bisa membentuk daratan.

Sepeti juuga air, es, dan gravitasi, angin merupakan salah satu mekanisme alamiah yang bisa menggerus permukaan bumi secara terus-menerus. Dalam iklim yang kering, angin merupakan sumber primer erosi.
Dalam pembentukan batu paras di wilayah “The Wave”, erosi oleh angin terjadi melalui abrasi. Angin mencungkil sejengkal batu paras dan mengempaskannya kea rah karang, kemudian membentuknya menjadi “pahatan” berupa garis-garis yang indah.

“The Wave” merupakan bagian dari The Coyote Buttes di Paria Canyon-Vermillion Cliffs Wilderness. Kalau Anda ingin menyaksikan keajaiban ala mini, beriaplah untuk berjalan kaki sekitar 4,8 kilometer di gurun.
Pembentukan batu paras di “The Wave” sudah lebih dari 200 juta tahun, yang awalnya berupa gurun pasir dengan bukit-bukit pasir tinggi. Garis-garis yang berwarna indah berasal dari zat besi dan mangan yang mengendap di air tanah dan kemudian mengalir ke permukaan batu paras. Zat kalsit ikut menambah tekstur dan warna batu.

Sumber : Kompas, 11 Des’2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar