Minggu, 10 April 2011

Media Transmisi

Media Transmisi digunakan untuk mentransmisikan data yang dikirimkan yang dapat berupa kabel ataupun radiasi elektromagnetik. Contoh Media Transmisi adalah :

Kabel, digunakan untuk mentransfer data dalam jarak dekat sebagai media transmisinya. Kabel terbentuk dari kabel tembaga yang digunakan pada telepon, coaxial cabel, fiber optik cable.
  • Coaxial Cable, kabel yang dibungkus dengan metal yang lembek. Coaxial cabel mempunyai tingkat transmisi data yang lebih tinggi dibandingkan dengan kabel biasa, namun harganya terjangkau mahal.
  • Fiber Optic Cable, terbuat dari serabut-serabut kaca (optical fibers) yang tipis dengan diameter sebesar diameter rambut manusia. Fiber Optic mempunyai kecepatan pengiriman data sampai 10x lebih besar dari coaxial cable.
Radiasi Elektromagnetik, digunakan untuk penerima data dalam jarak yang cukup jauh, channel  komunikasi dapat berupa media radiasi elektromagnetik yang dipancarkan melalui udara terbuka. Dapat berupa gelombang mikro (microwave), sistem satelit (satelite system), atau sistem laser (laser system).
  • Microwave, gelombang radio frekuensi tinggi yang dipancarkan dari satu stasiun ke stasiun lain.
  • Satellite System, digunakan untuk mentransfer data dalam jarak yang jauh. Satelit berfungsi sebagai stasiun relay yang letaknya diluar agkasa.
  • Sistem Lase, sinar laser banyak digunakan untuk penelitian-penelitian.
Kapasitas Channel Transmisi, bandwidth (lebar band) menunjukkan sejumlah data yang dapat ditransmisikan untuk satu unit waktu yang dinyatakan dalam satuan bits per second (bps) atau characters per second (cps). Bandwith dengan satuannya bps atau cps menyatakan ukuran dari kapasitas channel transmisi, bukan ukran kecepatan.
  • Narrowband Channel, atau subvoice grade channel merupakan channel transmisi dengan bandwith yang rendah, berkisar dari 50 - 300 bps.
  • Voice Band Channel, atau voice grade channel merupakan channel transmisi yang mempunyai bandwith lebih besar dibandingkan dengan narrowband channel, yaitu berkisar 300 - 500 bps.
  • Wideband Channel, atau broad band channel adalah channel transmisi yang digunakan untuk transmisi volume data yang besar dengan bandwith sampai 1 juta bps. Jalur telepon jarak jauh menggunakan wideband channel, yaitu menggunakan media coaxial cable yang terletak di bawah laut atau microwave system atau satelite system.
Refferensi : Pengenalan Komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar