Sabtu, 09 April 2011

Alat Input langsung

Alat input langsung, menurut pendapat Saya alat input langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU melalui alat input tanpa melalui media penyimpanan outputnya. Sehingga secara langsung memungkinkan interaksi antara user dengan sistem komputer. Alat input sendiri dapat digolongkan kedalam beberapa golongan yaitu :


Keyboard

Alat yang paling umum dan sering sekali digunakan baik dalam laptop,notebook,netbook,ataupun   komputer. Inputan akan dimasukkan ke dalam alat proses dengan cara mengetikkan lewat penekanan tombol yang ada pada keyboard.

Pointing Device, pointing device terdiri dari :
  • Mouse, mouse adalah pointing device yang digunakan untuk mengatur posisi cursor dilayar. Cara  kerja mouse yaitu dengan menggeser mouse pada bidang datar, contohnya cursor akan bergeser sesuai dengan arah pergeseran mouse.
  • Touch Screen, touch Screen biasa disebut juga dengan (layar sentuh) adalah layar monitor yang akan mengaktifkan program bila bagian tertentu dilayar disentuh dengan tangan. contohnya pada layar dekstop monitor terdapat beberapa contoh program aplikasi, program tersebut dapat kita klik dengan menggunakan sentuhan tangan kita.
  • Light Pen, Light Pen cara kerjanya hampir sama dengan touch screen bedanya kalo dengan touch screen Anda dapat menyentuh dengan sentuhan tangan, kalau light pen, menyentuh dengan menggunakan pulpen khusus, posisi sentuhan layar akan lebih tepat dan lebih teliti. Contoh kegunaan light pen digunakan untuk membuat grafik dan gambar dengan bantuan komputer.
  • Digitizer Graphics Tablet, Digunakan untuk membuat grafik atau gambar dengan cara menghubungkan da buah titik di graphics tablet dengan menggunakan alat yang menyerupai pen. Hasil graphics tersebut akan tampak pada layar.
Scanner
Alat yang digunakkan untuk menduplikasikan gambar/document ke dalam kompter, atau laptop, dll. Contohnya foto/document yang sudah dicetak dapat dengan mudah ditransfer melalui scanner.

Sensor
Sensor merupakan alat yang mampu secara langsung menangkap data kejadian phisik. Prinsip kerjana sama dengan ADC yaitu pengubah data analog menjadi digital. Yang akan diproses kedalam komputer.

Voice Recognizer
Voice recognozer cara kerjanya sama dengan mikrophone yang digunakan untuk menangkap suara input.


Refferensi : Pengenalan Komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar